Kamis, 24 Mei 2012

A Basic Enterprise LAN Network Architecture – Block Diagram and Components


PUTRI HAYATI
        H – 3
    090412031

A Basic Enterprise LAN Network Architecture – Block Diagram and Components



Diagram di atas berisi arsitektur konektivitas komponen utama yang membentuk jaringan perusahaan juga menyertakan penjelasan singkat dari masing-masing komponen di bawah ini:
Internet: Internet Awan mengacu pada sumber Internet untuk sebuah organisasi. Organisasi dapat terhubung ke Internet melalui Baris Internet tersewa / Broadband / dll 3G Untuk konektivitas ke cabang lain, Jaringan VPN melalui Internet dapat digunakan (atau) Sebuah Managed Leased Line / MPLS sirkuit dapat digunakan juga. 

Router: Router Enterprise adalah pada dasarnya sebuah perangkat Layer-3 Jaringan yang menghubungkan jaringan yang berbeda. Karena berfungsi sebagai gateway antara LAN dan jaringan WAN dan Internet Leased Lines / Aliran MPLS / Managed Leased Lines / jaringan Broadband semua diakhiri pada router. Beberapa Router mendukung modul tambahan untuk konektivitas yang aman ke cabang lain melalui VPN, Intrusion Prevention dan Content Filtering Router dll memiliki port WAN dan LAN port untuk menghubungkan koneksi WAN dan LAN masing-masing, dan beberapa dari mereka telah dibangun di Wireless / VOIP kemampuan. 

UTM / Firewall: Manajemen Peralatan Unified Threat (atau perangkat lunak) adalah untuk menyediakan gateway tingkat keamanan jaringan untuk titik akhir yang digunakan dalam berbagai organisasi. The UTM Devices provide the following network security options: Firewall, Anti-Spam, Anti-Virus, Content Filtering, URL Filtering, Intrusion Prevention (IPS), Virtual Private Network (VPN), Protection from Internet threats like Phishing etc. Perangkat UTM menyediakan opsi keamanan jaringan berikut: Firewall, Anti Spam, Anti-Virus, Filtering Konten, URL Filtering, Intrusion Prevention (IPS), Virtual Private Network (VPN), Perlindungan dari ancaman internet seperti Phishing dll 

Inti Switch: Switch Core umumnya Switch Jaringan Layer-3 berdasarkan yang terhubung ke switch distribusi berbagai tepi switch (melalui switch distribusi / langsung) menggunakan Jaringan Fiber Optik atau kabel UTP Tembaga. Mereka umumnya juga menghubungkan ke server komputer (ERP, Web Server, Mail Server, Database Server, Server Aplikasi, dsb). Saklar utama adalah di tengah jaringan perusahaan dan juga menyediakan Inter-VLAN routing. Mereka baik yang berdiri sendiri switch (24/48 Pelabuhan Tembaga, 4/24 Fiber Port) atau Chassi berbasis mana ada pengolahan unit dan jumlah modul blade (Untuk menghubungkan serat / tembaga) yang masuk ke slot kosong yang memungkinkan untuk fleksibel konfigurasi. 

NAS Perangkat: Sebuah Perangkat NAS mengacu pada Appliance Storage Area Network (ini juga bisa menjadi Storage Area Network, tergantung pada kebutuhan penyimpanan) di mana sebagian besar file / data disimpan untuk server dan pengguna individu (PC) untuk mengaksesnya melalui jaringan bila diperlukan. Peralatan ini sebagian besar berbasis disk dan dapat terhubung di mana saja pada jaringan (sebaiknya ke saklar inti). Mereka datang dalam ukuran mulai dari 1 TB (Tera Byte) untuk konfigurasi Byte beberapa Tera. 

Wireless Controller: Ada banyak titik akses untuk menyediakan nirkabel (Wi-Fi) akses ke / PC Laptop / Wi-Fi Telepon di perusahaan. Semua Akses Poin dikelola / dikontrol oleh sebuah alat yang disebut 'Wireless Controller'. Pada dasarnya kontroler nirkabel menyediakan otentikasi terpusat, enkripsi, kebijakan jaringan, manajemen frekuensi radio, failover, load balancing, pemindaian intrusi nirkabel dan fungsi lain yang diperlukan untuk pengguna nirkabel di seluruh jaringan. 

Server IP Telephony: Server IP Telephony menyediakan fungsi call control (switching suara) untuk operasi telepon di jaringan perusahaan. Karena IP Phones menghubungkan ke jaringan komputer, ini Server IP Telephony menyediakan administrasi terpusat dan koneksi ke Garis PSTN ke semua IP Phone / perangkat VOIP melalui jaringan termasuk menetapkan perpanjangan / DID angka dan IVR (Interactive Voice Response). 

Switch: Switch Distribusi memberikan lapisan agregasi untuk switching jaringan. Switch distribusi menghubungkan ke kedua jaringan tembaga kabel UTP serta jaringan serat optik. Switch distribusi yang terhubung ke saklar inti di satu ujung dan tepi ke switch di sisi lain. Secara umum, mungkin ada satu distribusi saklar untuk setiap departemen dan jaringan kadang-kadang dibentuk tanpa layer distribusi / agregasi dengan menghubungkan titik akhir jaringan langsung kepada mereka. 

Switch Edge: The Edge / endpoint switch pada dasarnya Layer-2 switch yang menyediakan konektivitas langsung ke berbagai perangkat jaringan seperti PC, laptop, Poin Wireless Access dll menggunakan Tembaga kabel UTP. Mereka datang dalam berbagai konfigurasi termasuk 8 Port / 16 Port, 24 Port, 48 Pelabuhan dll Mereka mendukung 10/100 Mbps serta 10/100/1000 Mbps konektivitas ke berbagai perangkat jaringan. Beberapa dari mereka bahkan mendukung POE (Power Over Ethernet) untuk daya listrik yang dibutuhkan untuk operasi perangkat jaringan tertentu (seperti Poin Wireless Access, IP Phones dll) dan beberapa dari mereka dapat ditumpuk satu sama lain untuk menyediakan antarmuka manajemen tunggal / backplane gabungan untuk beberapa switch tepi tersebut. 

Akses Poin Wireless: The Poin Wireless Access mengandung dibangun pada radio yang memberikan sinyal nirkabel untuk menghubungkan perangkat jaringan tertentu yang memiliki adaptor nirkabel built-in. Pada dasarnya titik-titik akses mengirim sinyal nirkabel yang dapat diinterpretasikan oleh klien jaringan nirkabel diaktifkan untuk berkomunikasi data / informasi melalui media nirkabel. Tugas mereka adalah hanya untuk mengumpulkan sinyal-sinyal, mengkonversi mereka ke sinyal kabel dan mengirimkannya melalui jaringan LAN untuk kontroler nirkabel untuk menafsirkannya dan mengambil tindakan yang tepat. Mereka umumnya memiliki berbagai cakupan 20-30 meter dalam ruangan dan luar ruangan 80-100 meter dan setiap perangkat dapat terhubung ke lebih dari 15 perangkat nirkabel dalam cakupan area mereka. Mereka beroperasi di spektrum frekuensi 2,4 dan 5 Ghz.

Jaringan endpoint / Perangkat: Ada berbagai perangkat jaringan / endpoint menghubungkan ke LAN melalui switch tepi / titik akses nirkabel. Beberapa dari mereka termasuk PC / Laptop / etc PDA untuk konektivitas data, IP Phone, Telepon Seluler / Wi-Fi Telepon, Telepon Lembut untuk konektivitas suara, Kamera Surveillance IP / perangkat IP Video Conferencing untuk video over IP. Ada juga aksesoris berbasis jaringan seperti printer jaringan, yang MFP (Multi-Fungsi Printer), Scanner dll menghubungkan ke jaringan komputer perusahaan.

Tidak ada komentar: